Mutu dan Harga

Di publikasikan oleh : Ardian Suprayogo Kamis, 19 Agustus 2010
                   Kami disini menggunakan media blogger ini karena, lebih bebas untuk menulis juga untuk berbagi secara netral. Mungkin kedepan kami akan membuat domain tersendiri apabila sudah mendapatkan perhatian lebih sehingga visi misi kami bisa lebih luas menglobal pada masyarakat madani lainnya. Berbicara mengenai harga bangunan, sering kali kita salah mengartikan bahwa 1m2 persegi bangunan sama harganya pada setiap bangunan rumah, padahal harga itu bervariasi tergantung pada kualitas dan lokasi bangunan tersebut. Sebagai contoh harga pasang keramik di kota kabupaten bisa lebih murah daripada di kota metropolitan tetapi dengan kualitas lebih baik karena tukang-tukangnya dekat dengan kabupaten juga standar hidup murah.
  
                    Menurut kami harga bangunan itu adalah sebenarnya adalah kesepakatan bersama antara kontraktor dan pemberi pekerjaan, karena sebenarnya analisa harga itu kontraktorlah yang menentukan sehingga tercapai kesepakatan jasa borong pekerjaan, kalau dipaksakan harga ditentukan oleh pemberi pekerjaan tetapi dengan kualitas yang tinggi tentu saja hasilnya akan tidak bagus karena seringkali kontraktor akan salah perhitungan. Banyak sekali kontraktor pekerjaan menerima suatu jenis pekerjaan secara membabi buta tanpa memperhitungkan kualitas dan harga pekerjaan tersebut, asalkan cocok mau saja akhirnya efeknya adalah sering mengeluh kepada pemberi pekerjaan kalau harga nya kurang sehingga kualitas pekerjaan jadi amburadul. Maka dari itu menurut hemat saya adalah, apabila kita berkomitmen menerima suatu pekerjaan maka harus dihitung dulu segala sesuatunya kemudian tercapai dulu kesepakatan mengenai kualitas dan jenis yang diinginkan secara spesifik, umpama kalau mutu beton 175 kg/cm2 ya kita buat beton dengan mutu itu atau mendekatinya, setelah itu berusaha mencapai kesepakatan harga pekerjaannya, secara jujur dan bertanggung jawab.

        “ Masalah yang sering muncul dalam pekerjaan bangunan adalah kualitas dan jenisnya kadang tidak sesuai dengan harapan pemberi pekerjaan, untuk itu dibutuhkan kejujuran pihak kontraktor untuk melaksanakan sesuai dengan rencana kerja yang telah disepakati bersama”.

Dengan demikian maka sangat diperlukannya pengetahuan tentang standarisasi pekerjaan yang telah ada pada buku-buku panduan dan peraturan-peraturan pekerjaan yang berlaku sehingga seluruh pekerjan tersebut dapat dipertangungjawabkan secara hukum di kemudian hari.

Maka dari itu kami menyiapkan langkah-langkah teknis dalam menerima suatu pekerjaan karena demi menjaga aspek profesionalitas dalam berhubungan dengan rekan kerja , yaitu sebagai berikut:

1.    Kami selalu survey lokasi pekerjaan, dan kami dokumentasikan dengan foto-foto dan catatan dari sumber informasi terkait.
2.    Mengisi lembar isian surat pemberian pekerjaan yang akan diisi oleh pemberi pekerjaan sehingga kemudian secara jelas dicantumkan spesifikasi pekerjaan serta biaya pekerjaan tersebut.
3.    Kami asistenkan pekerjaan itu dan jadwalkan pekerjaan tersebut sesuai dengan kesepakatan sehingga kami dan pemberi pekerjaan bisa bertemu secara regular untuk membahas pekerjaan tersebut.
4.    Setelah semuanya siap dan pasti maka kita tuangkan pekerjaan itu dalam draft kesepakatan / perjanjian kontrak kerja yang ditanda tangani bersama.

Mengenai pemilihan model serta selera pekerjaan rumah tinggal tentu saja pemilik rumah lah yang menentukan dia akan membangun seperti apa, selera seperti apa, begitu juga mencerminkan diri dari pemilik rumah tersebut.

0 komentar

Posting Komentar

Feel free to contact with me,

Bicara dengan saya disini :

About Me

Foto Saya
Ardian Suprayogo
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Nomor HP saya 0821 5051 7015 atau email ardian_suprayogo@yahoo.co.id
Lihat profil lengkapku


INPIRASI DAPUR





"keluarga sehat bahagia bermula dari dapur yang bagus"
DISINI kami bersedia untuk dihubungi dan beserta TEAM kami akan semaksimal mungkin membalas permasalahan ANDA melalui korespondensi email atau lainnya.

STATISTIK

Layanan KHUSUS, untuk ANDA

TULISKAN masalah ANDA di SINI



KONSTRUKSI DAN INTERIOR BAGUS





Perpaduan kekuatan dan keindahan rumah tinggal

PLEASE LINK- POST HERE

my friends