Rumah sebaiknya Tahan Gempa dan Cuaca buruk

Di publikasikan oleh : Ardian Suprayogo Rabu, 01 September 2010
Sebaiknya struktur bangunan kuat yang tahan cuaca , tahan gempa dan tahan kebakaran serta terlindung dari bahaya petir dan angin keras.

       Desain rumah tinggal tentu saja tidak boleh mengabaikan struktur yang kuat dari bangunan tersebut, karena kami sering melihat karena suka terhadap desain maka mengabaikan akan kekuatan dari struktur utama bangunan tersebut. Demi desain dan pembagian ruang maka struktur beton dan baja sering diabaikan sehingga sering sekali bangunan tersebut tidak ada kekuatan kekokohannya . Ketika hal buruk terjadi seperti gempa bumi maka sering sekali timbul runtuh atau retak-retak disana sini sehingga sangat merugikan sekali karena tidak layak lagi. Hal ini dapat diatasi dengan perencanaan struktur bangunan yang benar, pengerjaan yang diawasi , juga desain awal yang mengutamakan kekuatan. Pemakaian jenis besi dan ukuran serta sengkang yang benar akan sangat berguna, begitu juga dimensi dan mutu beton yang digunakan akan sangat berpengaruh pada kekuatan bangunan itu. Jangan karena rumah tinggal maka kita tidak menggunakan besi jenis ulir D12, begitu juga dimensi balok kolom jangan hanya menggunakan balok kolom praktis saja ukuran 15x15 , karena semua titik tumpuan kekuatan sangat perlu sekali mendapat perhatian.

Sebagai solusi tepat guna kami berikan tips mengenai struktur bangunan yang baik yaitu :
•    Gunakan pondasi telapak minimal 150x150 untuk rumah tingkat, dengan strous yang memadai, juga harus dengan sloof yang kuat minimal 20x40
•    Bila tanahnya rawa/lunak gunakan pondasi menerus dengan telapak minimal 60cm, kemudian diberi plat untuk seluruh lantai satu .
•    Apabila dimungkinkan lebih baik menggunakan baja wf kecil untuk balok-balok pengganti balok beton, begitu juga kolomnya.
•    Usahakan area joint balok kolom ada besi sengkang yang rapat serta pertemuan besinya overlap minimal 60cm sebagai angker untuk empat besi utamanya.
•    Diatas jendela biasakan terdapat ring balok, juga diatas untuk perletakan atapnya tepat pada tumpuan harus menumpu pada daerah kekuatan struktur, jangan asal.
•    Untuk plat beton lantai biasakan menggunakan besi esktra kuda-kuda dengan ketebalan beton minimal 15 cm untuk area yang luas, serta joint besi nya bagus.



Selain kekuatan juga sangat penting adalah harus tahan terhadap cuaca , meliputi ekterior dan kekuatan bahan-bahannya serta model desainnya yang tahan terhadap hujan deras atau angin keras. Sering kita lihat teman kita membeli rumah yang nampaknya warnanya bagus dan menarik, tetapi kemudian setelah satu tahun setelah panas hujan maka banyak sekali cat-cat diluar rumah yang mengelupas, besi-besi yang karatan, juga tembok-tembok yang mulai retak-retak disana-sini padahal dia beli dengan harga mahal. Hal ini terjadi karena pemakaian campuran cat dan lapisan yang salah, juga karena ada penurunan setempat pada titik-titik tertentu karena tidak kuat menahan beban sehingga retak-retak, juga karena pemakaian bahan material yang tidak berkualitas.
Hal-hal diatas patut dicermati karena dewasa ini sering sekali hal tersebut terjadi, tetapi lihatlah rumah-rumah yang dibangun di masa 20 tahun lalu, anda akan jarang sekali menemukan retak-retak atau kerusakan struktur.

Rumah yang aman juga harus bisa melindungi dari bahaya kebakaran baik dari dalam rumah itu sendiri atau dari tetangga sekitar rumah, hal ini bisa diatasi dengan pemakaian smoke detector dan banyaknya kran-kran air disekitar rumah yang benfungsi baik serta selang-selang yang siap, begitu juga pemakaian bahan material yang aman yang tidak mudah terbakar. Rumah juga harus aman dari konsleting listrik serta bahaya petir.

0 komentar

Posting Komentar

Feel free to contact with me,

Bicara dengan saya disini :

About Me

Foto Saya
Ardian Suprayogo
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Nomor HP saya 0821 5051 7015 atau email ardian_suprayogo@yahoo.co.id
Lihat profil lengkapku


INPIRASI DAPUR





"keluarga sehat bahagia bermula dari dapur yang bagus"
DISINI kami bersedia untuk dihubungi dan beserta TEAM kami akan semaksimal mungkin membalas permasalahan ANDA melalui korespondensi email atau lainnya.

STATISTIK

Layanan KHUSUS, untuk ANDA

TULISKAN masalah ANDA di SINI



KONSTRUKSI DAN INTERIOR BAGUS





Perpaduan kekuatan dan keindahan rumah tinggal

PLEASE LINK- POST HERE

my friends