KIAT-KIAT MEMBANGUN DAN MENDESAIN RUMAH IDEAL

Di publikasikan oleh : Ardian Suprayogo Rabu, 25 Agustus 2010

                  Walaupun sudah banyak yang menulis tentang topik diatas tersebut , akan tetapi setiap orang mempunyai ciri khusus dalam kesenangannya dalam membuat suatu rancangan. Sebuah rancangan adalah karya seni tersendiri sehingga akan tetap terus berguna sampai bertahun-tahun dengan mengikuti konsep tertentu yang menjadi acuannya, untuk itulah kami menulis kiat-kiat ini agar berguna bagi seseorang yang akan mulai membangun rumah idealnya., Semestinya kami mulai dari bawah dulu, menuju ke atas bangunan, baiklah mohon anda cermati karena ini akan berguna sekali, yaitu:
[ hal-hal dibawah ini sering kami jumpai pada pembangunan rumah pada umumnya, padahal sering disepelekan oleh kebanyakan orang/tukang ]
  • Pilih daerah yang bebas banjir, serta berjenis tanah yang bagus dengan permukaan bagus serta subur, jangan memilih tanah yang jelek karena hawanya juga akan jelek
  • Pastikan anda tahu tentang jenis pondasinya serta kekuatan dari pondasi tersebut, yang terpenting adalah perbaikan/pemadatan tanah sebelum pondasi, 
  • Gunakan selalu sloof dengan rangkaian besi beton yang baik  agar kuat, serta tembok tidak retak-retak karena penurunan pondasi akibat tanah jelek.
  • Pastikan letak kolom-kolom utama terikat kuat dengan joint antar balok bagus serta angker sambungan per joint balok kolom minimal 60cm, atau dilas .
  • Ingat selalu bahwa tembok bata tidak menahan beban struktur berat, distribusi beban melalui kolom balok, terus ke pondasi ke tanah, jadi perhatikan kesatuan tersebut.
  • Tentukan alur dari sistem pipa air bersih dan air kotor yang melewati pondasi balok dan kolom, jangan sampai karena pipa air maka rumah kita jadi jelek karena banyak pipa.
  • Tentukan tempat alat-alat yang bersuara keras agar tidak menganggu seperti AC, Pompa, Blower Fan, Televisi, Mesin Cuci dll, dengan penempatan yang bagus serta dilindungi dari kebisingan.
  • Atur ruang sedemikan rupa sehingga perabotan kita bisa ditempatkan , jadi desain interior dulu agar tata ruang kita cukup dan benar, serta ingat selalu lalu lintas dan mobilitas orang/keluarga.
  • Ingat manajemen air hujan, setiap saluran buang air kotor diberi "pipa gulu banyak" agar tidak bau, dan jangan menempelkan kran mepet dinding akan susah servicenya.
  • Leveling untuk lantai harus bagus, juga nat keramik jangan jelek-jelek karena banyak kuman bila kotor nantinya, sebaiknya menggunakan keramik cutting atau marmer, demikian juga hpl atau karpet.
  • Begitu juga dalam memilih rangka plafon dan atap jangan menggunakan baja yang sangat tipis, sering melengkung, agar tidak bocor gunakan plastik/aluminium foil untuk area dek kamar mandi dan atap..
  • Jangan biasakan menggunakan atap dalam bentuk besar-besar karena plafonnya nanti juga besar sehingga sering kotor dan banyak tikus diatas atap, juga susah sekali  renovasi dan servisnya.
  • Sesuaikan debit air hujan dengan pipa, perhatikan saluran air disekitar rumah jgn sampai banyak nyamuk, juga perhatikan tempat tandon air dan resapan limbahnya serta sumur minum.
    Demikian lah sekelumit kiat-kita yang dapat kami tulis, sedangkan kita-kiat selanjutnya akan kami terbitkan kemudian sehingga pembaca dapat mengingatnya ketika akan merancang sebuah rumah idaman hati, disamping itu kami juga meng upload gbr desain dari rumah-rumah yang tentu saja kami desaian yang terbaik yang bisa kami pikirkan karena merupakan karya teknologi yang akan berguna , yang merupakan hasil perenungan dan pemanfaatan semaksimal mungkin anatara ruang dan aktifitas, di blog: dengan alamat sbg berikut ini http://desainrumahhalaluntukanda.blogspot.com/

0 komentar

Posting Komentar

Feel free to contact with me,

Bicara dengan saya disini :

About Me

Foto Saya
Ardian Suprayogo
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Nomor HP saya 0821 5051 7015 atau email ardian_suprayogo@yahoo.co.id
Lihat profil lengkapku


INPIRASI DAPUR





"keluarga sehat bahagia bermula dari dapur yang bagus"
DISINI kami bersedia untuk dihubungi dan beserta TEAM kami akan semaksimal mungkin membalas permasalahan ANDA melalui korespondensi email atau lainnya.

STATISTIK

Layanan KHUSUS, untuk ANDA

TULISKAN masalah ANDA di SINI



KONSTRUKSI DAN INTERIOR BAGUS





Perpaduan kekuatan dan keindahan rumah tinggal

PLEASE LINK- POST HERE

my friends